Makanan Sehat Untuk Anak Penderita Flek Paru Paru

Makanan Sehat Untuk Anak Penderita Flek Paru Paru - Tuberkulosis adalah penyakit bintik-bintik paru yang dapat diderita oleh anak-anak atau orang dewasa. TB sendiri adalah salah satu dari 3 penyebab kematian terbesar di Indonesia. Penyakit ini adalah penyakit yang mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain, jadi selain metode pengobatan untuk mengatasi penyakit ini, akan lebih penting jika kita dapat menerapkan kegiatan pencegahan sebagai pencegah. Kenapa begitu, Ibu? Karena ketika seseorang telah tertular penyakit ini, maka akan membutuhkan waktu lama untuk melakukan perawatan, yaitu 6 hingga 8 bulan sesuai instruksi dokter.

Bagi ibu yang memiliki anak dengan bercak paru-paru, terutama TB, pasti ada berbagai pertanyaan, salah satunya adalah makanan sehat yang bisa diberikan? Pertanyaan ini sering kita temui, pasalnya sebagai ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak, namun keadaan selain obat dari dokter, memang ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk penderita TB. Apa yang kamu makan?

https://maduanaknutrinextlastabumin.blogspot.com/

Ayolah, Ibu, kita belajar tentang pengetahuan penting terkait bagaimana Ibu merawat anak-anak dengan TB, sehingga kita dapat memberikan yang terbaik untuk pemulihan anak yang lebih baik sehingga mereka dapat segera bermain dan belajar secara aktif!

Baca juga:
Madu Anak
Manfaat Madu Untuk Anak
Khasiat Madu Anak


Berdasarkan Buku Saku Kader Program Pengendalian TB 2009, dinyatakan bahwa seseorang yang mengontrak TB harus menerapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberian makanan yang baik termasuk:

Pantangan Untuk Anak Penderita Flek Paru

- Biasakan mengeringkan alat tidur
Biasakan membuka pintu dan jendela setiap pagi. Ini dilakukan untuk membuat matahari dan udara masuk. Ternyata Ibu, sinar matahari bisa membunuh kuman TBC.

Menyediakan makanan bergizi. Makanan sehat untuk anak-anak yang kaya nutrisi adalah makanan yang dapat Anda sajikan untuk anak-anak yang menderita TB untuk memperkuat daya tahan mereka.

- Hindari rokok dan minuman keras
Latihan rutin. Untuk anak-anak, olahraga dapat dilakukan dengan bermain game yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga membantu perkembangan motorik.

- Biasakan mencuci pakaian sampai bersih
Buang air besar di tempatnya, yaitu toilet / toilet
Biasakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir, baik setelah buang air besar dan sebelum dan sesudah makan.

- Istirahat yang cukup
- Jangan bertukar peralatan mandi

Ibu, dalam buku kader ini juga menyebutkan bahwa TB sebenarnya bisa disembuhkan asalkan pasien minum obat yang dianjurkan secara teratur. Selain itu, peran makanan di sini juga sangat penting. Mengapa? Memberi makanan bergizi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak dan pasien TB adalah umum.

Lalu, adakah tantangan bagi pasien TB?


Ibu, secara umum, tidak ada batasan makanan untuk pasien TB. Padahal, pasien TB disarankan makan bergizi dan beragam.

Makanan apa yang direkomendasikan untuk pasien TB?

Dalam majalah Windows Husada, Edisi 2 tahun 2012, dijelaskan bahwa: Asupan mikronutrien sangat penting bagi pasien TB. Demikian juga, makanan yang mengandung vitamin A dan seng tingkat tinggi juga direkomendasikan untuk mereka. Penderita TB rupanya juga membutuhkan vitamin B6, juga penting yang bisa diberikan melalui makanan atau suplemen tertentu.
Selain itu, asupan cairan tidak boleh dilewatkan, karena pasien TB disarankan untuk minum 10 hingga 12 gelas per hari, karena kebutuhan cairan yang harus dipenuhi saat sakit. Selain itu, alasan minum banyak air juga untuk menjaga fungsi pembersihan ginjal agar obat TBC yang harus dijaga tetap lancar.

Dalam memberikan makanan, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:
Ketahui tahapan atau fase berapa banyak makanan yang dibutuhkan dan kemampuan pasien untuk menerima makanan yang disediakan. Mengapa ini penting? Ini untuk menghindari terjadinya sindrom refeeding, terutama untuk pasien TB yang memulai terapi TB dengan status gizi buruk.

Sumber :
http://profesionalevangelico.net/
http://www.graziecharlie.com/

Postingan populer dari blog ini

Agar Anak Mengerti Tanpa harus Membentak dan Memukul

Manfaat Luar Biasa Mempelajari Parenting Bagi Orangtua